BEBERAPA DESTINASI YANG DAPAT DI KUNJUNGI SAAT BERADA DI KAWASAN EKOWISATA LEMBAR SELATAN

  • Apr 29, 2023
  • Admin Desa Lembar Selatan
  • Wisata, Info

1.MANGROVE CRUISE : merupakan wisata jelajah hutan bakau (Mangrove) sekitar 70 Ha yang ada di kawasan Destinasi Ekowisata Lembar Selatan-Lombok Barat, terdapat 9 spesies mangrove yakni Rhizophora mucronata, Rhizophora apiculata, Avicennia marina, Sonneratia alba, Bruguiera gymnorhiza, Lumnitzera racemosa, Ceriops tagal, Aegiceras corniculatum dan Aegialitis annulata yang didominasi oleh spesies Rhizophora mucronata. Wisata edukasi yang terdapat di dalamnya juga dapat memberikan dampak sangat positif bagi para pengunjung dan masyarakat setempat karena selain menjelajah hutan bakau/mangrove, penanamam bibit mangrove juga di peragakan bersama-sama warga masyrakat setempat sehingga terjalin rasa kebersamaan dan solidaritas yang tinggi, biasanya para pengunjung yang sudah mengabadikan diri di tempat ini, akan kembali datang setelah beberapa tahun kemudian untuk meninjau bibit mangrove yang sudah di tanam bersama. 

Lokasi : Kawasan Sungai Dodokan Ekowisata Lembar Selatan

2. MAQOM KERAMAT: Maqom ini berada di tengah laut, untuk menuju lokasi makom bisa menggunakan perahu pada saat air laut pasang dan bisa tidak menggunakan perahu jika air laut surut. Fasilitas yang tersedia Mushola, Aula, Kamar ganti dan Bilas, Toilet, area Parkir 

Lokasi: Arah Selatan setelah Pintu masuk Jambatan ELS

3. PANTAI NAPAK TILAS : Pantai ini memiliki ombak pantai yang relatif kecil, pantai ini sangat cocok bagi wisatawan yang belum bisa berenang dan juga bagi anak-anak , fasilitas yang tersedia :" WiFi, Camping Ground, Gazebo, Mushola, Lapak Kuliner, Toilet, Kamar ganti dan Bilas, Penyewaan Pelampung/Ban Karet, area Parkir, wisata berkuda.

Lokasi: Arah Selatan setelah pintu masuk Jambatan ELS

4. SUNSET POINT BEACH: Pantai ini memiliki ombak pantai sedang, dapat menikmati view sunset yang indah berwarna jingga pada sore hari melihat lalu lalang kapal, bermain pasir, wisata berkuda. Fasilitas yang tersedia;" WiFi, Are Parkir Luas, Masjid/Mushola, Lapak Kuliner, Wisata, Toilet, Kamar bilas dan ganti, wahana permainan anak.

Lokasi: Lurus Setelah Pintu masuk Jambatan ELS

5. AYUNAN SUNSET : Pantai ini memiliki ombak pantai sedang, pantai ini sangat di dominasi oleh kaum milenial dari kalangan pelajar, karena dari pantai ini wisatawan dapat menikmati pemandangan 3 Gili (Nanggu, Sudak, Kedis), menikmati indahnya matahari hari tenggelam di atas cakrawala dengan sangat jelas,  menikmati lalu lalang kapal, Fasilitas: yang tersedia Tempat angkringan, ayunan, Gazebo, Sport Foto, Kuliner, Toilet, Kamar ganti dan Bilas, area parkir.

Lokasi: Arah Utara setelah pintu masuk Jambatan ELS.

6 CEMARE INDAH : Lokasi ini memiliki ombak pantai sedang dan besar, pantai ini banyak di tumbuhi pohon Cemara sehingga para wisatawan di manjakan dengan ademnya angin sepoi-sepoi dibawah rindangnya pohon Cemara, pasir hitam yang lembut dan deburan ombaknya menjadikan wisatawan betah dan ingin berlama-lama sambil menikmati indahnya sunset. Fasilitas yang tersedia;" Area parkir, Lapak kuliner, Mushola, Aula, Spot Foto, Gazebo.

Lokasi: Arah Utara Setelah pintu masuk Jambatan ELS 

7. PANTAI ADEM : Destinasi ini merupakan kawasan wisata yang baru di buka karena beberapa bulan lalu diresmikan oleh Kepala Kepala Desa Lembar Selatan H.BENY BASUKI,ST. pantai ini memiliki ombak pantai yang relatif besar. Fasilitas yang tersedia;" Sport Foto, Lapak kuliner, warung, Ayunan, Area Parkir.

Lokasi: Arah Utara Setelah pintu masuk Jambatan ELS