Dispar Lombok Barat Berikan Pembekalan Jelang Penilaian ADWI 2023 & Visitasi Menparekraf di Desa Lembar Selatan

  • Apr 10, 2023
  • Admin Desa Lembar Selatan
  • Berita Desa, Wisata, Lembaga, Sosial & Ekonomi, Pemerintah

Lembar Selatan-Lombok Barat : Dalam rangka persiapan penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023  di Desa Lembar Selatan oleh Tim Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat melakukan pembekalan serta beragam pembinaan di Aula desa Lembar Selatan Senin (10/04/23), yang mana desa Wisata ini di tetapkan masuk 75 besar terbaik ADWI 2023 oleh kemenparekraf pada bulan Maret lalu.

Dalam kegiatan ini pemerintah desa Lembar Selatan menghadirkan Tokoh Masyarakat, Lembaga Adat dan para pelaku Ekraf, serta Pemilik sanggar seni.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat H.Fajar Taufik dalam kesempatannya memberikan arahan kepada Pemdes Lembar Selatan, supaya segera melakukan segala persiapan menjelang penilaian ADWI 2023 dengan melibatkan semua unsur Lembaga Desa, tokoh masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat sehingga nantinya dapat terjalin kerjasama dan kolaborasi yang baik, karena ini bukan gawe(acara)nya Pemerintah Desa saja tapi ini gawenya masyarakat Lembar Selatan,"ujar Taufik.

Lebih lanjut Kadispar Lombok Barat juga memberikan pembinaan, pembekalan dan motivasi saat bertatap muka dengan para pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang ada di Desa Lembar Selatan. "Mari kita sambut para tim penilai dan Visitasi mas Menteri Sandiaga Uno dengan produk-produk Ekraf berkualitas dari hasil karya masyarakat setempat, kita tampilkan yang terbaik dan asli milik Desa Lembar Selatan," seru kadispar" saat berada di Aula kantor Desa. Produk yang berkualitas tentunya berdampak pada poin penilaian dewan juri, sehingga pada saat penilaian nanti yang boleh dipajang adalah  hasil-hasil karya masyarakat setempat. Hal itu sebagai bentuk penghargaan juga kepada pelaku ekraf yang telah berpartisipasi pada ajang ADWI 2023," ungkapnya" (red-kadispar).

Selain itu Kadispar Lombok Barat H.Fajar Taufik juga menyoroti persoalan sampah yang menjadi PR terbesar bagi sektor pariwisata. Menurut Taufik, persoalan sampah harus menjadi atensi bersama, mulai dari masyarakat, wisatawan dan sebagainya.

“Pokdarwis harus mengambil peran dalam mengedukasi para wisatawan agar peduli terhadap kebersihan terutama kebersihan pantai cemare yang merupakan salah satu menjadi daya tarik pengunjung saat ini sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman ketika berwisata” kata Taufiq.

Sementara Kepala Desa Lembar Selatan H.Beny Basuki dalam sambutannya, mengajak seluruh jajaran pemerintah Desa, Lembaga Desa, tokoh masyarakat, Pelaku Ekraf dan seluruh lapisan masyarakat untuk sama-sama ikut terlibat dan saling berkolaborasi demi Mensukseskan penilaian dewan juri ADWI 2023 dan Visitasi Menparekraf bapak Sandiaga Uno di desa wisata Lembar Selatan nanti, “Kita berharap dan optimis bisa mendapatkan hasil yang terbaik dan membanggakan untuk Desa Lembar Selatan dan Kabupaten Lombok Barat,” ujarnya.

Untuk menunjang kesiapan Desa Wisata Lembar Selatan dalam menyambut tim dewan juri dan Visitasi mas menteri Sandiaga Uno. Kepala Bidang (kabid) PSDM Dispar Lombok Barat Erwin Rahman menuturkan kami akan terus berupaya untuk pembenahan terutama terkait akses jalan yang kurang memadai untuk di lewati oleh mas manteri, kita akan mengundang kembali dinas dinas terkait seperti PU untuk bisa hadir pada pertemuan berikutnya, mengenai waktu dan tempat kami serahkan kepada Pemdes Lembar Selatan selaku tuan rumah kapan mau di agendakan pertemuan selanjutnya, bila perlu secepatnya memberikan konfirmasi sehingga kami juga dengan segera dapat membuat undangannya,"tutur Erwin".