HUT AKAD LOBAR KE-1 KETUA UMUM LAUNCING PROGRAM KERJA DESA DIGITAL DAN E-COMMERCE AKAD LOBAR

  • Oct 20, 2022
  • Admin Desa Lembar Selatan
  • Berita Desa, Info, Sosial & Ekonomi, Pemerintah

Akad Lobar Menuju Desa Digital dalam mewujudkan Ekonomi Kreatif dan Inovatif

Asosiasi Kepala Desa (AKAD) memperingati hari jadinya yang pertama, dirangkai dengan Launching Program kerja Desa Digital bentuk Aplikasi E- Comerce dan Desa Digital AKAD LOBAR di Gedung Seni dan Budaya Narmada Lombok Barat.Selasa (18/10/2022).

Ketua Umum AKAD LOBAR, Sahril, SH mengatakan bahwa Aplikasi AKAD LOBAR ini dibuat untuk memudahkan masyarakat mendapatkan akses pelayanan pemerintah desa.
“Aplikasi ini untuk memudahkan pemerintah desa melakukan pelayanan kepada masyarakat karena didalam Aplikasi tersebut terdapat fitur-fitur sesuai kebutuhan Desa dan masyarakat diantaranya ada info desa dan pelayanan desa yang dapat di akses sebagai kebutuhan masyarakat dalam sistem digitalisasi seperti surat menyurat dengan sistem online,” terangnya saat diwawancara usai acara.
Selain itu, lanjutnya, aplikasi ini bisa meng-update semua potensi desa melalui fitur-fitur yang dilengkapi untuk dirangkum dengan potensi desa-desa yang ada di Lombok Barat.

Satu aplikasi akan di manfaatkan oleh 119 desa yang ada di Kabupaten Lombok Barat sekaligus menjadi admin desanya masing-masing terkait potensi desa,” jelas Ketua umum Akad lobar.

Aplikasi ini E-comerce ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti akad ojek, akad mobil, akad food, akad kurir dan akad hotel untuk memudahkan masyarakat di desa maupun di kota untuk mengakses segala kebutuhannya.
“Memudahkan masyarakat yang mau memesan makanan, minuman maupun mengantar mengantar barang, mengantar orang, mengantar surat, kami siapkan di . Termasuk untuk menggunakan travel-travel jasa lainnya,” terangnya.
Aplikasi ini merupakan yang pertama se Indonesia yang di dalamnya ada aplikasi desa digital sekaligus E-comerce dimana Lombok Barat menjadj pilot project untuk mendigitalisasi desa secara masif se Kabupaten Lombok Barat.
“Ini adalah menjadi impian dan harapan kami di Asosiasi Kepala Desa,” ungkapnya.
Aplikasi ini sendiri dikelola dibawah tanggung jawab PT AKAD LOBAR. Dimana dalam setiap keuntungan dari dana CSR yang didapatkan akan dikembalikan kepada anak yatim dan orang tua jompo yang ada di Lombok Barat.
“Ini sebagai bentuk perhatian kami sehingga siapapun yang menggunakan aplikasi ini itu artinya sama-sama menginfakan rejeki kepada anak yatim piatu atau lansia yang ada di Lombok Barat,” ucapnya.

untuk melihat vidionya klick https://youtu.be/x7CKoXey7J4