MAHASISWA UNIVERSITAS MATARAM PEDULI MANGROVE

  • Jan 08, 2022
  • Admin Desa Lembar Selatan
  • Berita Desa, Wisata, Info, Sosial & Ekonomi

 Mahasiswa KKN PLP Universitas Mataram melakukan kegiatan penanaman mangrove di lokasi Ekowisata Lembar Selatan "ELS" dimana tempat tersebut (ELS) oleh Pemerintah Desa Lembar Selatan dibawah kebijakan H.BENY BASUKI,S.T selaku Kepala Desa akan menjadikan sebagai Destinasi Wisata salah satunya adalah Wisata Edukasi. Rabu 15/12/2021.
Seperti yang diuatarakan salah satu peserta Mahasiswa KKN PLP Unram Mangrove adalah jenis tanaman dikotil yang hidup di habitat air payau dan air laut. Mangrove merupakan tanaman hasil dari kegiatan budidaya atau diambil dari alam. Tanaman mangrove memilik banyak manfaat, misalnya dijadikan bahan baku kosmetik/farmasi atau bahan tambahan.
Hutan mangrove adalah salah satu jenis hutan yang banyak ditemukan pada kawasan muara dengan struktur tanah rawa atau padat. Mangrove menjadi salah satu solusi yang sangat penting untuk mengatasi berbagai jenis masalah lingkungan di desa Lembar Selatan terutama untuk mengatasi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh rusaknya habitat atau banjir rob. Kerusakan ini tidak hanya berdampak untuk hewan tapi juga untuk manusia. Oleh karena itu dengan adanya penanaman mangrove oleh mahasiswa KKN Universitas Mataram diharapkan mampu membantu masyarakat dalam menanggulangi dan mengurangi dampak banjir rob. 
Banyak lembaga sosial yang bergerak dalam bidang lingkungan terus mensosialisasikan manfaat mangrove. Hal ini mendukung kesadaran kami dan masyarakat bahwa mangrove memang penting untuk melindungi lingkungan. Melestarikan kawasan mangrove adalah usaha yang sangat baik untuk menstabilkan kondisi lingkungan dan menyelamatkan semua habitat di hutan mangrove. Kawasan mangrove dapat ditemui di beberapa daerah di Indonesia, seperti di Desa Lembar Selatan Kabupaten Lombok Barat.