PROGRAM KERJA KKN MKBM UNRAM 2021-2022

  • Mar 08, 2022
  • Admin Desa Lembar Selatan
  • Berita Desa, Wisata, Info

PUYAHAN'S WATER GARDEN -Ekowisata Lembar Selatan ; Destinasi wisata merupakan program utama KKN MBKM Desa Lembar Selatan 2021/2022. Program ini berfokus pada pengadaan pengembagan,perbaikan dan penginovasian area wisata yang bertujuan untuk mendatangkan wisatawan. Adapun program kerja ini dilaksanakan di dusun Puyahan, Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat

Dusun Puyahan merupakan salah satu dusun di Lembar Selatan yang berpotensi menjadi daerah wisata. Puyahan memiliki area hutan mangrove dan juga sebagai tempat penyebrangan menuju area wisata lainnya seperti maqom kramat, Pantai Cemare, dan tiga Gili yang ada di sekotong (Gili nanggu, Gili Sudak, dan Gili tangkong). Sehingga sering diramaikan oleh wisatawan lokal maupun luar Daerah. Berdasarkan potensi tersebut ,KKN MBKM Unram berupaya untuk mengembangkan wisata di Puyahan dengan menciptakan area spot foto. Dimana spot foto yang berhasil dibangun memiliki nama Puyahan’s Water Garden.

Puyahan’s Water Garden adalah taman terapung yang dibangun diatas ponton. Menurut Wikipedia,ponton adalah jenis kapal dengan lambung datar atau suatu kotak besar yang mengapung.Diatas ponton tersebut dapat diletakkan atau dibangun suatu fasilitas tertentu. Oleh karena itu KKN MBKM Unram memanfaatkan ponton yang sudah tersedia di Puyahan sebagai destinasi wisata dengan membangun spot foto diatasnya.Keunikan dari spot foto diatas ponton yaitu dapat berpindah tempat seperti kapal.Wisatawan akan mendapatkan foto dengan latar pemandangan yang berbeda sekaligus dapat berkeliling diatas laut Puyahan sembari menikmati pemandangan hutan mangrove dan sekitarnya.

Kegiatan pembuatan taman terapung ini didukung oleh beberapa PT yang bertempat di Desa Lembar Selatan. Diantaranya yaitu , PT MSE (Marine Service Engineering) ,PT OM Agus Elpiji, PT Bosowa, PT Sari Agrotama Persada. Tidak hanya itu , kegiatan ini juga didukung penuh oleh Bapak H.Beny Basuki S,T., selaku kepala desa Lembar Selatan, bapak Nursan selaku kepala dusun Puyahan, dan Muna’im selaku Ketua Rt, serta remaja-remaji yang berada di dusun Puyahan.

 

Taman Terapung Puyahan's Water Garden Program kerja KKN MBKM Universitas Mataram 2021-2022 di Desa Lembar Selatan.