PULUHAN KADES BOLTIM-SULUT "STUDI TIRU DIGITALISASI" DI DESA LEMBAR SELATAN

  • Aug 28, 2022
  • Admin Desa Lembar Selatan
  • Berita Desa, Pemerintah

Kunjungan para kepala desa didampingi langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Boltim, Hendra Tangel, Kepala Inspektur Daerah, Hardiman Pasambuna, Kepala Dinas PP-KB, Rosita Pobela serta anggota DPRD Boltim, Revy Lengkong dan Alamri Matiala, Kamis (25/8/2022)
Saat tiba di Desa Lembar Selatan, rombongan langsung disambut dengan berbagai macam atraksi budaya adat khas sasak Lombok seperti Gendang Beleq, Joged dan presean. Dalam kegiatan itu turut menyambut kedatangan rombongan diantara  Diskominfotik Kabupaten Lombok Barat , Camat Lembar, dan Kepala Desa Lembar Selatan, Ketua TP-PKK Lembar Selatan,Babinsa, Bhabinkamtibmas  dan seluruh jajaran (Perangkat & Lembaga) pemerintah Desa Lembar Selatan 
Dalam sambutan singkatnya Camat Lembar Agus Sutrisman M.Kes mengucapakan“Terima kasih sudah berkunjung di Desa Lembar Selatan dan menjadikan Desa ini sebagai tujuan studi tiru dari Kabupaten Boltim- Provinsi Sulawesi Utara,” ucapnya.
Lebih lanjut camat lembar menyampaikan, di Desa Lembar Selatan terdapat beberapa destinasi wisata, salah satunya ada taman wisata mangrove, wisata Pantai dan juga ada wisata kuliner, dimana keseluruhan tempat wisatanya dikelolah Badan Usaha Miliki Desa (Bumdes).
Sementara Kepala Desa Lembar Selatan H.Beny Basuki S.T, dalam sambutannya mengungkapkan, desa lembar selatan sudah menjadi desa yang berstatus IDM Mandiri sejak dua tahun lalu, dan sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan baik tingkat nasional hingga internasional," ujarnya (red_kades).Di desa Lembar Selatan program digitalisasi desa mulai dijalankan sejak tahun 2020 dimana pada saat itu aktivitas dan kegiatan masyarakat sangat dibatasi akibat Covid-19. Dengan adanya digitalisasi melalui Aplikasi simpeldesa kami dapat  mempermudah pelayanan kepada warga masyarakat secara mandiri tanpa harus mendatangi kantor desa, karena di dalam aplikasi kami sudah menyediakan berbagai macam bentuk fitur dan templet surat-surat  yang di butuhkan oleh warga kami. Selain itu aplikasi simpeldesa ini juga digunakan Bumdes dan masyarakat untuk mempromosikan potensi-potensi dan hasil UMKM-nya seperti Kriya, kuliner dan lain-lainnya yang ada di desa Lembar Selatan,” sambungnya.
Bupati Boltim yang di wakili Sam Sachrul Mamonto, Kepala Dinas PMD Boltim Hendra Tangel dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas penyambutan yang dilakukan pemerintah Lombok Barat serta Pemerintah Desa Lembar Selatan.
“Ini penyambutan yang sangat luar biasa. Terima kasih sudah menerima rombongan kami untuk belajar di desa Lembar Selatan ini,” ucap kadis DPMD.
Bapak Hendra Tangel menambahkan tujuan 47 Kepala Desa, di desa Lembar Selatan untuk studi tiru terkait dengan digitalisasi desa melalui aplikasi simpeldesa smart vilage nusantara (SVN) dan pengelolaan Bumdes.
“Tentunya apa yang kami pelajari disini akan diimplementasikan. Semuanya demi kesejahteraan masyarakat,” tuntasnya.