RAPAT KOORDINASI PENETAPAN RONDA DESA

  • Jun 20, 2021
  • Admin Desa Lembar Selatan
  • Lembaga, Pemerintah

Rapat Koordinas Penetapan Jadwal Piket Ronda Desa yang di gelar oleh Kepala Desa Lembar Selatan H. BENY BASUKI, S.T di lesehan kantin BUMDes Mitra Bahari Lembar Selatan 19/06/2021, mendapat Respon positif dan dukungan penuh dari Perangkat Desa Kasi, Kaur, Kepala Kewilayahan/kadus, Penghulu Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Lembaga Desa lainnya (BPD,Karang Taruna dll..).
Dalam sambutan Kepala Desa Kegiatan Ronda Desa ini sebenarnya sudah lama di wacanakan, alhamdulillah malam ini secara resmi baru bisa terlaksana untuk sama sama kita bahas mengenai bagaimana mekanisme dan pola yang akan kita laksanakan, kita ketahui bahwa Desa Lembar Selatan merupakan Desa yang cukup luas dan memiliki penduduk yang lumayan padat, jadi dalam kesempatan dan pertemuan malam ini perlu untuk kita sepakati bersama mengenai jadwal yang sudah di susun oleh bapak Sekdes ""pungkas Kades".
H.BENY menambahkan Program Ronda Desa akan terlaksana lebih Efektif jika ditunjang oleh masing-masing Dusun, dan untuk pelaksanaan Ronda Desa insyaallah kita akan memulai-nya malam Senin besok 20/06 adapun petugas piket yang akan menjalankan tugas terbagi menjadi tiga Regu/kelompok masing-masing regu beranggotakan 12 orang, setiap regu dalam satu minggu akan menjalankan tugasnya 2 (dua) kali yaitu Regu Pertama setiap Malam Senin dan Kamis, Regu ke dua Setiap Malam Selasa dan Jumat, Regu Ke Tiga setiap Malam Rabu dan Sabtu, dan khusus untuk malam minggu kita akan kembali berkumpul untuk membahas dan meng-Evaluasi setiap kegiatan Regu selama satu minggu.
Tujuan Ronda Desa yang diprogramkan ini selain untuk menjaga Kamtibmas juga untuk Memonitoring dan mengantisipasi kedaruratan seperti warga sakit, ibu melahirkan dll..
Harapan H.BENY Semoga dengan kegiatan Ronda Desa ini Kamtibmas Desa kita ini benar terjaga dan kondusif dari hal hal yang tidak kita inginkan yang dapat meresahkan warga.

Penghulu Desa TGH.KHAIRIL AZMI SPdi dalam sambutannya langsung memberikan apresiasi karena menurut beliau dalam agama pun di anjurkan untuk memberikan rasa aman kepada warga masyarakat kita, kesiagaan Bhabinkamtibmas dan babinsa dalam Suatu Desa saya rasa sangat mustahil untuk menjalankan tugas secara maksimal apalagi sampai menjangkau setiap Dusun terlebih lagi di Desa Lembar Selatan yang memiliki sebelas Dusun dan memiliki penduduk yang lumayan padat. Oleh sebab itu apa yang direncanakan Pemerintah Desa ini sesuatu hal yang sangat positif dan harus di support oleh semua pihak dan unsur unsur lainnya, intinya yang dapat di gari bawahi dari program kegiatan Desa ini adalah untuk menjaga Kamtibmas tiap tiap-tiap Dusun dan Desa hanya mengontrol ini saya sangat setuju pak Kades ""pungkas Penghulu Desa"" saat memberikan sambutannya.

Babinsa Lembar Selatan Sertu A. ISNAINI menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang ada di pemerintahan Desa Lembar Selatan, ini merupakan langkah yang baik kedepannya bagi Desa Lembar Selatan itu sendiri untuk keamanan dan ketertiban masyarakat ditiap-tiap Dusun. Seperti apa yang di jelaskan bapak kepala Desa, Bahwa Desa memulai dan Dusun Mengikuti "" beber Babinsa "".
karena sesuai monitoring lapangan yang dilakukan selama ditugaskan di Desa Lembar Selatan beliau melihat setiap Dusun sudah memiliki Pos Ronda dan menurut beliau pos pos itu harus di fungsi kembali.
Babinsa berharap agar bapak bapak kadus bisa menjadwalkan kembali warganya demi untuk memberikan rasa Aman dan nyaman warga pada setiap Dusun masing-masing, dan beliau juga berharap semoga program ini bisa berlanjut tidak hanya gembor diawal saja setelah beberapa bulan langsung kendor semoga tidak seperti itu "ungkap Babinsa"". dan insyaallah TNI-POLRI melalui bhabinkamtibmas dan Babinsa siap untuk berkolaborasi, mensuport, dan selalu terlibat dalam kegiatan yang sangat positif ini "" Sertu Isnani menambahkan""