SAMBUT HUT KE 50 TAHUN BASARNAS TANAM BIBIT MANGROVE DI PANTAI CEMARE "ELS"

  • Feb 04, 2022
  • Admin Desa Lembar Selatan
  • Berita Desa, Wisata, Sosial & Ekonomi

Ekowisata Lembar Selatan (ELS; Menyambut Hari Ulang Tahun yang ke 50 Basarnas NTB mengikuti Kegiatan penanaman mangrove secara serentak di seluruh Indonesia (Jum'at 04/02/2022)

"Ekowisata Lembar Selatan" Dusun Cemare, Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar menjadi titik lokasi Kegiatan Penanaman yang dihadiri oleh Kepala Basarnas NTB, DANLANAL Mataram, Dinas Lingkungan Hidup, DirpolAirud Polda NTB, Kepala Desa Lembar Selatan, Kepala Dusun Cemare dan seluruh UPT Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun basarnas  emas ke-50 Tahun 2022 

Dalam sambutannya Kepala Kantor pencarian dan pertolongan Mataram NANANG SIGIT PH SIP,MM bahwa perlindungan dan pemulihan ekosistem mangrove merupakan langkah penting bagi Indonesia dalam memitigasi perubahan iklim sebagaimana yang dijelaskan oleh  Presiden Joko Widodo bahwa penanaman mangrove ini diharapkan dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi air, intruksi air, memperbaiki lingkungan pesisir dan memperbaiki Habitat di pantai "Tuturnya", juga diharapkan dapat berdampak pada peningkatan produksi ikan dan hasil laut lainnya sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di pesisir pantai. "menambahkan"

Indonesia sendiri memiliki mangrove menurut kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan  3,7 juta hektar yang merupakan terluas di Asia bahkan di dunia "Ucap Sigit" dalam sambutanya. Hutan mangrove mempunyai keistimewaan dalam berbagai hal baik dari aspek fisik ekologi dan juga ekonomi dari segi fisik  mangrove yg berakar banyak dan batangnya kokoh. Mampu mencegah bahaya tsunami ombak dan abrasi air laut, dan sisi ekologi mangrove mampu berfungsi sebagai filter polusi air dan udara pada tanah yang berlumpur dan menyerap polutan asap dari udara  sehingga pada rangkaian kegiatan hari ulang tahun basarnas yang ke-50 ini kami melaksanakan giat penanaman mangrove. Bersama potensi yang ada di wilayah Lombok barat khususnya di wilayah Lembar selatan merupakan sebagai Upaya mitigasi abrasi air laut dan mencegah atau mengurangi dampak bencana gelombang pasang dan secara umum untuk ikut serta berpartisipasi melaksanakan program pemerintah dalam melestarikan mangrove. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat Terima kasih atas partisipasi Semua pihak yang telah mengikuti kegiatan ini "ucap Sigit"menutup sambutannya.

Sebelum kegitan Penanaman mangrove di lakukan secara serentak, kegiatan di dahului dengan penyerahan bibit mangrove secara simbolis dari Kepala Basarnas NTB kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutan (DLHK) Lombok Barat. (HMS-Lbrs)