SUKSES MASUK NOMINASI 75 DESA WISATA TERBAIK LEMBAR SELATAN AKAN DI KUNJUNGI SANDIAGA UNO (Menparkeraf)

  • Mar 25, 2023
  • Admin Desa Lembar Selatan

Lembar Selatan-Lombok Barat : Desa Wisata Lembar Selatan sukses masuk nominasi 75 Desa Wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang diadakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Capaian itu menjadikan Lembar Selatan satu-satunya perwakilan Lombok Barat (Lobar) yang tersisa untuk bersaing di ajang tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, H. M. Fajar Taufik menerangkan sebelumnya Lombok Barat telah mengajukan 9 desa sebagai perwakilan dalam ADWI 2023. Dengan lolosnya Lembar Selatan ke 75 Desa Wisata terbaik, pihaknya pun berharap yang terbaik untuk desa tersebut. Bahkan berbagai persiapan tengah dilakukan untuk menyambut tim dari Kemenparekraf, termasuk Sandiaga Uno untuk visitasi penilaian langsung ke sana nantinya.

“Sesuai arahan Bupati, kami sudah bentuk tim Kabupaten, Kecamatan, Desa serta dari STP Mataram yang akan berkolaborasi mempersiapkan Desa Wisata Lembar Selatan menjadi yang terbaik,” ungkap Taufik saat dimintai keterangan, Jumat (24/03/2023).

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Pengembangan SDM Pariwisata Dispar Lobar, Erwin Rachman merincikan bahwa sebelum Lembar Selatan bertengger di 75 besar. Dari sembilan desa yang mendaftar, yang masuk 500 besar 5 desa, kemudian yang masuk 300 besar ada 4 desa dan masuk ke 75 desa terbaik 1 desa.

“Daya tarik yang ditonjolkan oleh Desa Wisata Lembar Selatan ini ada 5 kategori yang harus dilengkapi seluruhnya,” terang Erwin.

Hal itu diantaranya, terkait dengan daya tarik pengunjung, seperti adanya wisata mangrove, kemudian wisata religi makam keramat yang ada di tengah laut, lalu wisata pantai dan kuliner. Selain itu, yang mampu mereka tonjolkan juga terkait dengan homestay dan toilet di tempat wisata. Serta yang lebih menarik juga digital kreatif yang telah mereka aplikasikan. Hingga beragam suvenir menarik dan kategori kelembagaan dan CHSE.

“Dokumen pendukung yang lengkap yang sudah diupload ini menjadi dokumen penilaian oleh juri ADWI,” jelasnya. Hal ini pun diakuinya menjadi suatu kebanggaan bagi Lombok Barat yang sudah 3 kali berturut-turut masuk nominasi ADWI sejak 2021 lalu, hingga tahun 2023 ini.

Di mana pada tahun 2021 lalu Desa Wisata Sesaot berhasil masuk 4 besar kategori CHSE. kemudian tahun 2022 kemarin, Desa Wisata Buwun Sejati masuk 5 besar kategori Desa wisata Rintisan. Dan di tahun 2023 ini, Lembar Selatan masuk nominasi 75 besar terbaik. “Nanti akan didatangi langsung oleh Mas Mentri Sandiaga Uno dan dewan juri ADWI untuk visitasi,” pungkasnya.