TANGKAP PELUANG MOTOGP FORTA LOMBOK BARAT LATIH POKDARWIS MENGUASAI JURNALIS DAN FOTOGRAFI

  • Feb 01, 2022
  • Admin Desa Lembar Selatan
  • Berita Desa, Wisata, Lembaga, Organisasi

Kerandangan Senggigi; Forum Wartawan (Forta) Lombok Barat,menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik dan fotografi bagi para pelaku Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se-Kabupaten Lombok Barat. Sabtu 29/1/2022. Pelatihan yang diikuti sebanyak 24 peserta Pokdarwis dari 12 Desa di 5 kecamatan dan 15 peserta dari OPD lingkup Pemda Lombok Barat.

Kegiatan pelatihan ini didukung oleh Pemerintah Daerah, BUMD PT Air Minum Giri Menang dan Bank NTB Syariah serta sejumlah pihak, kegiatan yang di inisiasi Forum wartawan (Forta) Lobar ini bertujuan memberikan pemahaman dan wawasan bagiamana menulis berita dan fotografi untuk mengangkat atau mempromosikan potensi Destinasi Wisata masing-masing desa. Seperti di ungkapkan ketua Forta Lobar M.HAIRUZZUBAIDI dalam sambutannya bahwasanya di era berkembang pesatnya informasi teknolgi saat ini tentunya kita dituntut untuk terus meningkatkan kapasitas SDM masing-masing di semua lini, karena kita pungkiri saat ini harus memberikan informasi yang cepat, beragam informasi yang mencuat di publik terkadang mengarah ke hal-hal yang liar artinya susah sekali mengendalikan, itulah yang akan kita antisipasi agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan jadi disinilah tugas kami bersama media, Pemda dan juga teman-teman yang lain "Tutur Heru"kepada Sekda.

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=490592819397757&id=100053411290688

Sesuai degan tema yang kita angkat hari ini bahwasanya di lombok barat ini banyak sekali desa dengan beragam potensi seperti alam, budaya, atraksi,dan keseniannya yang belum terangkat secara maksimal baik melalui penyajian sosialisi dan beritanya, maka disitulah kami masuk membantu kawan kawan yang bergerak di desa terutama yang bergerak di lembaga pokdarwis untuk bergerak lebih masksimal mengangkat itu semua karena lebih-lebih kita ketahui bahwa lombok secara khusus dan NTB secara umumnya menjadi tuan rumah Motogp, sekarang bagaimana kita dan pemda berperang menangkap peluang itu.kami juga ingin membatu pemda untuk bagaimana menangkap peluang itu melalui dengan memberikan literasi, pemahaman atau wawasan tentang jurnalistik bagaiman menulis sebuah informasi yang menarik, promosi suatu daerah atau desa agar menarik semua pihak terutama menangkap peluang motogp yang artinya para tamu nanti bisa membaca informasi yang kita tuliskan,kita sajikan semenarik mungkin baik melalui media sosial ataupun media lainnya seperti fecebook,website Desa maupun website pokdarwis yang ada di desa masing-masing ucap "ketua Forta lobar"

Pelatihan yang di dihadiri Bupati Lombok Barat dan Sekda serta dua kepala Dinas (Diskomnfo & Dispar) tersebut tergolong istimewa.Meski pelatihan itu di lokasikan di Balai pertemuan BKSDA Taman Wisata Alam Kerandangan Desa Senggigi, Kec Batu Layar, Lobar mendapat antusias oleh peserta yang mengikuti pelatihan.

Sebelum membuka kegiata Sekda Lobar H.Baihaqi dalam kesempatannya mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Forum wartawan Lobar. pelatihan ini luar biasa, sangat bagus dan manarik sekali "ucapnya" kegiatan pelatihan seperti ini terus ditingkatkan secara berkelanjutan. "Harap Sekda"menambahkan. Sekitar Pukul 10:15 wita H.Baihaqi (Sekda) membuka acara kegiatan dengan mengucapkan Bismillahirohmanirrohim Pelatihan Jurnalistik Pokdarwis Se-Lombok Barat kami buka.

setelah di bukanya Kegiatan pelatihan yang di gelar Forum Wartawan Lombok Barat ini panitia tidak tanggung-tanggung menghadirkan dua narasumber yang sudah senior dan profesional sebagai pemateri di antaranya Wartawan senior Kompas TV Latif Spriaman dan Wartawan Fotografer LKBN Atara Subsidi atau yang kita kenal bang Ucup.

Masih dilokasi yang sama sekitar pukul 15:00 wita Bupati Lombok Barat,H.Fauzan Khalid yang didampingi Kadis Pariwisata Lobar HM Fajar Taufik, Kadis Kominfo Ahad Legiarto dan kabid Diskominfo yang juga berkesempatan hadir. Sebelum menutup kegiatan pelatihan Bupati Lobar memberikan tepuk tangan yang di ikuti seluruh peserta dan para OPD sekaligus sebagai bentuk apresiasi Kepada Forum Wartawan Lombok Barat atas sukses dan terlaksananya kegiatan pelatihan ini yang nilainya sangat bermanfaat untuk kemajuan pariwisata berbasis desa.

Meskipun nampak dari luar kecil, namun menurutnya memiliki implikasi besar dalam menyambut event kelas Dunia "MotoGP"di bulan maret mendatang. Kegiatan pelatihan seperti ini harus di perluas lagi untuk menjangkau semua desa wisata yang ada di kabupaten Lombok Barat. Saya yakin pelatihan ini memiliki efek implikasi besar, dalam konteks bersama-sama menyambut event besar MotoGP," ucap Bupati saat sebelum menutup kegiatan

harapan H.Fauzan khalid dengan diberikan bimbingan dan pelatihan seperti ini para peserta mampu membuat nasari yang baik dalam konteks menyebarluaskan informasi-informasi positif untuk pariwisata Lombok barat kedepan. Dispar jangan selesai sampai disini saja, tolong diidentifikasi Pokdarwis masing-masing  Desa dan kecamatan "ujar Fauzan". kita tak ingin MotoGP lebih banyak dinikmati orang luar, mari kita belajar dari WSBK tahun lalu yang skalanya hanya 25% namun kita masih kewalahan dan kurang memaksimalkan peluang, Sementara skala MotoGP akan lebih besar lagi diprediksi 4 kali lipat lebih banyak atau 100% dibandingkan WSBK kemarin. Untuk itu kita harus benar-benar memanfaatkan peluang melalui pelatihan yang sudah diberikan. (Hms-Lbrs)