TUJUH PULUH DUA KEPALA DESA SE-KABUPATEN HALMAHERA TENGAH PROVINSI MALUKU UTARA STUDI BANDING DI DESA LEMBAR SELATAN LOMBOK BARAT

  • Dec 08, 2022
  • Admin Desa Lembar Selatan
  • Berita Desa

Lembar Selatan-Lombok Barat : Sebanyak seratus orang peserta rombongan studi banding dari Kabupaten Halmahera Tengah Provinsi Maluku Utara tiba di Desa Lembar Selatan menggunakan tiga bus kamis (08/12/2022).Dalam rombongan ini hadir Kepala Dinas PMD Kabupaten Halmahera tengah Rivani Abdurradjak, S.Hut,.M.sc., Sekdis PMD Moch. Rizky Hasyim, S.Sos.,M.AP, Ketuap APDESI, tuju puluh dua Kepala Desa dan Ibu-ibu PKK se-kabupaten Halmahera Tengah. Sementara dari Kabupaten Lombok Barat hadiri Kepala Dinas PMD Hery Ramadhan, S.Stp.,Sh.M.Si.

Kegiatan yang berlangsung selama setengah hari ini peserta diterimah dengan ramah dan terbuka di sertai dengan pengalungan selendang oleh Kepala Desa Lembar Selatan, Ketua BPD, Ketua TP-PKK dan jajaran dari pemerintah Desa Lembar Selatan.

Tidak hanya itu rombongan peserta juga di sambut oleh atraksi seni dan budaya adat sasak lombok seperti Gendang Beleq, Joget (tarian), dan Peresean.

KAJIAN TRAP DAN STUDI BANDING yang di gelar di Aula kantor Desa Lembar Selatan  tersebut di rangkai dengan pembukaan, sambutan, Pemaparan Wisata Desa, Digitalisasi Desa, Peningkatan Pelayanan administrasi Desa, sinergitas PKK, Ekonomi Desa dan di akhiri dengan Do'a serta penutup.

Kepala Desa Lembar Selatan H.BENY BASUKI, S.T dalam sambutannya menyampaikan selamat datang di Desa Lembar Selatan dan kami ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah Maluku Utara khususnya rekan-rekan kepala Desa yang  sudah berkenan memilih desa kami sebagai lokasi untuk melakukan studi banding tentunya hal ini yang membuat kami merasa berterimasih dan bangga,"tuturnya.

Selanjutnya Kepala Dinas PMD Kabupaten Lombok Barat Hery Ramadhan, S.Stp.,Sh.M.Si mengutarakan Desa Lembar Selatan adalaha salah satu desa dari 119 Desa yang ada di kabupaten Lombok barat dan salah satu desa di anatara 56 desa wisata yang ada di Lombok Barat. Hery Ramadhan mengapresiasi tema "KAJIAN TRAP DAN STUDI BANDING'" yang dibawa dalam kunjungan Studi banding di Desa Lembar Selatan ini sungguh luar biasa karena ini memang yang kita perlukan saat-saat ini sebagaimana membangun desa, membangun daerah, dan membangun Negara sejalan sesuai dengan apa yang sudah di sampaikan bapak presiden, mari kita membangun negara ini mulai dari pinggiran dengan memperkuat desa dan daerah ,"ucapnya.

Sementera Kepala Dinas PMD Kabuapaten Halmahaera Tengah  Rivani Abdurradjak, S.Hut,.M.sc dalam sambutan menyampaikan kami jauh jauh datang kesini untuk belajar kami mengenal desa ini awalnya dari youtube,"ungkapnya" beberapa bulan terakhir desa ini (red_Lembar Selatan) merupakan salah satu desa yang menjadi desa terbaik dalam nominasi desa wisata oleh kemeterian desa, itulah yang kemudian ketika ada arahan pimpinan dari bupati untuk bagaimanan mendukung program desa cerdas,"tuturnya" sementara oleh pemerintah pusat untuk bagaimana memeberikan kesempatan bagi kepala desa se-kabupaten Halmahera tengah dalam mendukung program itu pemerintah pusat memerintahkan kami untuk mendrive kebijakan anggaran dana desa untuk bisa mengajak para kepala desa keluar dearah untuk belajar, dengan metode "KAJIAN TRAP DAN STUDI BANDING',"jelas Rivani saat berada di aula kantor desa lembar selatan. Menurut Rivani kadis PMD metode ini di yakini mampu menyerap 80 persen dari apa yang sudah di pelajari  secara nyata melauli studi tiru dan belajar di desa lembar selatan dan itu juga yang akan dibawa pulang untuk menjadi oleh-oleh bagi kepala desa dan kita semua,semoga apa yang kita dapatkan melalui diskusi dan sharing di desa lembar selatan nantinya dapat di terapkan di masing-masing desa yang ada di kabupaten Halmahera Tengah,"harapnya. Beliau juga mengucapkan banyak terimakasih kepada pemeritah desa lembar selatan yang sudah berkenan menerima dan menyambut kami dengan berbagai artarksi seni&buadaya, Kuliner, dan masyarakatnya yang ramah ini sangat luar baiasa,"ungkapnya saat di mintai keterangan. ( Hms LemSel )