OPERASI PASAR MURAH (OPM) DI DESA LEMBAR SELATAN RAMAI DIKUNJUNGI MASYARAKAT SEKITAR

  • Oct 05, 2023
  • Admin Desa Lembar Selatan
  • Sosial & Ekonomi, Pemerintah, Beritan Umum

 

Pemerintah Desa Lembar Selatan Berharap Tim Pengendali Implasi Daerah (TPID) Lombok Barat Dapat Melakukan Kegiatan Operasi Pasar Murah (OPM) Secara Berkelanjutan

Dalam menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dan untuk mengantisipasi kenaikan harga serta ketersediaan pasokan dalam menghadapi hari Maulid Nabi Besar Muhamad Saw., Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Lombok Barat bekerjasama dengan Bank Indonesia untuk melakukan Operasi Pasar Murah (OPM) di kantor Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar pada hari Rabu, 04 Oktober 2023.

Pelaksanaan Operasi Pasar Murah (OPM) ini digelar pada pukul 08.00 WITA sampai dengan selesai. Operasi Pasar Murah ini dihadiri langsung oleh Sekda Lombok Barat, Asisten Perekonomian dan pembangunan Setda Kabupaten Lombok Barat, Staff Ahli bidang ekonomi pembangunan dan keuangan, Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Kepala Dinas Pertanian Lombok Barat, Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan Lombok Barat, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lombok Barat, Kepala Dinas kelautan dan Perikanan Lombok Barat, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lombok Barat, Kepala Dinas Kominfo Kab.Lombok Barat, Camat Narmada, Camat Lingsar, dan Camat Lembar.

Dalam kegiatan Operasi Pasar Murah (OPM) ini, masyarakat khususnya masyarakat Lembar Selatan sangat antusias. Adapun bahan pokok yang disediakan dipasar murah seperti beras, gula Pasir, minyak goreng, mie Instan, telur, dan lain sebagainya. Bukan hanya pedagang bahan pokok, kegiatan tersebut juga diramaikan oleh beberapa toko seperti Alfamart, Indomaret, dan Jmart.

Adapun tanggapan Camat Lembar tentang masyarakat yang belum kebagian bahan pokok di pasar murah bahwa stok yang diberikan kepada masyarakat sudah sesuai dengan jatah perkecamatan. Beliau mengatakan atusias masyarakat desa Lembar Selatan yang datang ke pasar murah sangat ramai, namun dalam kegiatan ini juga satu orang warga dibatasi hanya membeli satu atau dua bahan pokok. Selain itu, kegiatan Operasi Pasar Murah (OPM) ini merupakan kegiatan penjualan bahan pangan yang menjadi evaluasi terkait dengan belanja pangan.

Selain itu, Kepala Desa Lembar Selatan juga memberi tanggapan terkait OPM ini. Beliau mengatakan bahwa sejak dibukanya pasar murah tersebut warga lembar selatan sangat antusias berdatangan. Selain itu juga, dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh TPID ini adalah bentuk menjaga implasi di daerah Lombok Barat. Adapun harapan   beliau kedepannya terkait berkurangnya stok bahan pangan di lembar selatan. Semoga stok bahan pahan ini meningkat, agar masyarakat Desa Lembar Selatan dapat rata kebagian, karena terlihatnya antusiasme para masyarakat yang berbondong-bondong datang ke kantor Desa Lembar Selatan, Ujar” Kepala Desa Lembar Selatan.

Kemudia dalam hasil wawancara kami dengan ibu Evy Febriana selaku pembeli di kegiatan Operasi pasar murah (OPM), mengatakan bahwa dengan diadakannya pasar murah ini masyarakat merasa sangat terbantu, karena kegiatan ini juga bertepatan dengan hari Maulid Nabi Saw., jadi membuat masyarakat berbondong-bondong membeli bahan pokok, karena kebetulan juga semua harga sembako naik drastis, sehingga inilah kesempatan warga untuk membeli bahan pokok di Operasi Pasar Murah (OPM).

(Lembar Selatan/FDIK UINMA/HANA & DIMA)

*Kim Lembar Selatan