WUJUDKAN GENERASI ANTI NARKOBA DAN MELEK OBAT, IBU PKK GAET KKN PPM UGM LAKUKAN SOSIALISASI BAHAYA NARKOBA

  • Jul 20, 2024
  • PPID Desa Lembar Selatan
  • Berita Desa, Kesehatan, Organisasi

Upaya memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kalangan masyarakat terus dilakukan oleh institusi negara berkolaborasi dengan seluruh masyarakat Indonesia. Narkoba menjadi suatu ancaman bagi kemajuan negara karena dapat merenggut masa depan para penerus bangsa. Hal tersebut dikarenakan narkoba dapat merusak susunan syaraf manusia sehingga memengaruhi mental dan perilaku pengguna.

Deklarasi perang terhadap narkoba juga dilakukan di Desa Lembar Selatan dengan menyelenggarakan sosialisasi untuk meningkatkan kapasitas masyarakat khususnya mengenai narkotika. Pada Kamis, 18 Juli 2024 Ibu PKK Desa Lembar Selatan berkolaborasi dengan Tim KKN PPM UGM menyelenggarakan Sosialisasi mengenai Anti-Narkoba yang dilaksanakan bersamaan dengan Sosialisasi mengenai Pengetahuan Obat Dasar dan Penggunaan Obat secara Tepat di aula Kantor Desa Lembar Selatan. Sebagai sebuah negara yang kemajuannya bergantung kepada generasi muda, ibu-ibu PKK memiliki peran yang sangat penting untuk membentengi anak dari bahaya narkoba atau setidaknya mengetahui apa yang harus dilakukan apabila anaknya terindikasi menyalahgunakan narkoba. 

Sosialisasi dilanjutkan dengan materi mengenai Pengetahuan Obat Dasar dan Penggunaan Obat Secara Tepat yang disampaikan oleh Aulianna Nur Aini (Mahasiswa KKN PPM UGM). Sosialisasi mengenai materi ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas masyarakat mengenai macam-macam golongan obat, penggunaan obat secara tepat dan rasional dan interaksi obat dengan beberapa makanan. Penyelenggaraan sosialisasi ini merupakan wujud pelayanan yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai dampak narkoba dan bagaimana penggunaan obat secara tepat sehingga terciptanya masyarakat Indonesia yang berkualitas.

Moralina Aweda N