Workshop: Optimalisasi Pegelolaan dan Pemasaran UMKM di Desa Lembar Selatan

  • Aug 19, 2024
  • PPID Desa Lembar Selatan
  • Berita Desa, Info, Beritan Umum

Dalam rangka mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Tim KKN PPM UGM yang sedang melaksanakan pengabdian di Desa Lembar Selatan menggelar pelatihan mengenai UMKM di Aula Kantor Desa. Acara diselenggarakan 3 (tiga) kali dengan fokus pembahasan yang berbeda namun saling berkaitan. Kegiatan diawali dengan pendataan yang dilakukan oleh Tim KKN PPM UGM ke setiap dusun mengenai siapa saja warga yang memiliki UMKM sehingga target peserta dari acara ini dapat sesuai dan transfer materi dapat dilakukan secara maksimal.

(23 Juli 2024) Tahapan pertama dari pelatihan UMKM ini mengenai pentingnya legalitas dan pendaftaran legalitas UMKM di desa lembar selatan. Panitia mengundang Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian sebagai narasumber untuk memberikan pemahaman kepada warga terkait materi tersebut. Antusiasme warga khususnya yang memiliki UMKM terlihat dari banyaknya warga yang menghadiri acara dan mengajukan berbagai persyaratan untuk mendapatkan legalitas dari UMKM yang dimilikinya. Terselenggaranya acara ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada warga pemilik UMKM mengenai manfaat atau pentingnya NIB karena izin tersebut merupakan titik awal syarat yang dibutuhkan untuk mengurus izin yang lain. 

Pelatihan UMKM dilanjutkan dengan Sosialisasi mengenai hygiene dan sanitasi pada UMKM berbasis pangan yang dilaksanakan pada 26 Juli 2024. Sosialisasi dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan pada pemilik UMKM mengenai prinsip-prinsip hygiene dan sanitasi makanan. Hal tersebut menjadi penting karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia sehingga pengelolaannya harus dilakukan dengan baik agar dapat memberikan manfaat bagi tubuh dan mencegah timbulnya penyakit. Antusiasme peserta terlihat dari keaktifan peserta selama sesi tanya jawab yang menunjukkan ketertarikan mereka terhadap topik yang sedang disosialisasikan. Sosialisasi ini diharapkan dapat ikut andil dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pengendalian faktor tempat, peralatan, penjamah makanan dan proses pegolahan makanan yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan atau keracunan makanan.

Rangkaian kegiatan pelatihan UMKM ditutup dengan sosialisasi mengenai optimalisasi pengelolaan dan pemasaran UMKM di Desa Lembar Selatan. Sosialisasi dilaksanakan pada 30 Juli 2024 di Kantor Desa Lembar Selatan dengan tujuan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai bagaimana pengelolaan dan pemasaran UMKM yang tepat agar hasil yang dihasilkan dapat maksimal dan efektif. Pelaksanaan kegiatan diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pelaku UMKM mengenai pentingnya strategi pemasaran dan bagaimana strategi pemasaran yang efektif agar pendapat dapat dimaksimalkan.

Moralina Aweda N