DUKUNG PEKAN IMUNISASI NASIONAL BEBASKAN ANAK-ANAK DARI POLIO

  • Jul 23, 2024
  • PPID Desa Lembar Selatan
  • Berita Desa, Kesehatan, Pemerintah, Beritan Umum

SELURUH STAEKHOLDER DESA LEMBAR SELATAN SUKSESKAN PEKAN IMUNISASI NASIONAL POLIO 2024 
Lembar Selatan-Lombok Barat : Dengan dimulainya Pekan Imunisasi Nasional Polio pada hari Selasa tanggal 23 Juli 2024, pemerintah mengajak seluruh keluarga dan tetangga untuk ikut serta dalam program imunisasi ini demi kesehatan dan masa depan anak-anak. 

Melalui kesadaran dan partisipasi aktif dalam program imunisasi ini, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang lebih aman dan sehat bagi generasi masa depan.
Pemberian imunisasi yang dilakukan secara serentak di berbagai lokasi, termasuk posyandu, puskesmas, sekolah, dan pos pelayanan imunisasi (POSKESDES) terdekat.

Pemerintah telah menetapkan target untuk memberikan imunisasi kepada anak usia 0 – 7 tahun, dengan harapan bahwa melalui partisipasi dalam Pekan Imunisasi Nasional Polio, semua anak-anak dapat terlindungi dari ancaman polio.


Adapun syarat untuk mendapatkan vaksin Polio adalah membawa Fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan Buku Kartu Indonesia Anak (KIA).

Pelaksanaan Kegiatan PIN di Desa Lembar Selatan di dukung oleh semua stakeholder mulai camat, Kepala Puskesmas/Nakes,Kepada Kewilayahan (Kadus),TPK-PKK, Kader Posyandu,Guru, Mahasiswi (KKN Unram&UGM), Masyarakat, dan dari Intitusi TNI-PORI.

Dengan mengikuti program ini, diharapkan semua anak Indonesia khususnya di Desa Lembar Selatan dapat terlindungi dari ancaman polio. Pekan Imunisasi Nasional Polio 2024 merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam menanggulangi polio. 
Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dimulai dari pemberian Dosis pertama yang berlangsung pada pagi tadi tanggal 23- 29 Juli 2024, dan Dosis kedua pada tanggal 6-12 Agustus 2024 mendatang.

Pemberian 2 tetes vaksin Polio secara Serentak dilaksanakan oleh tim medis, bidan dan kader posyandu. Selain di puskesmas, tempat pelaksanaan vaksin Polio juga berlangsung di posyandu (POSKESDES), PAUD, Tk, SD/MI. 

Program ini bertujuan untuk melindungi anak-anak dari ancaman penyakit polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen bahkan kematian.