PELANTIKAN DAN BIMBINGAN TEKNIS PANTARLIH DESA LEMBAR SELATAN PILKADA 2024

  • Jun 24, 2024
  • PPID Desa Lembar Selatan
  • Berita Desa, Beritan Umum

SETELAH DI LANTIK PETUGAS PANTARLIH DESA LEMBAR SELATAN MULAI MELAKSANAKAN TUGAS

Lembar Selatan-Lombok Barat : Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Panitia Pemungutan Suara Desa Lembar Selatan telah melantik 30 petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) pada hari Senin 24 Juni 2024 yang bertempat di Aula kantor Desa.Kegiatan ini di hadiri dan di saksikan langsung oleh Kepala Desa, PKD dan Bhabinkamtibmas Lembar Selatan. Klik Sini video TikTok


Adapun rangkaian susunan acara:
1. Pembukaan
2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya
3. pengambilan sumpah
4. Pemasangan Atribut
5. Pembacaan Fakta integritas Pantarlih
6. Sambutan Ketua PPS Lembar Selatan
7. Do'a dan Penutup


Setelah seluruh rangkaian acara di laksanakan, para petugas Pantarlih di berikan bimbingan teknis.
Ketua PPS Desa Lembar Selatan Sepul, menyatakan bahwa pelantikan ini merupakan langkah awal yang krusial untuk memastikan kelancaran dan keakuratan proses pemilihan. Setelah dilantik, Pantarlih akan segera melaksanakan tugas pencocokan dan penelitian (coklit) data penduduk.
Tugas Pantarlih yang baru saja dilantik akan berlangsung selama satu bulan, mulai dari 24 Juni hingga 24 Juli 2024 mendatang.
Selama periode ini, mereka akan berperan penting untuk membantu KPU, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan PPS dalam menyusun daftar pemilih," jelasnya"


Dalam proses coklit, Pantarlih akan mengunjungi rumah-rumah penduduk untuk memverifikasi data pemilih. Setelah melakukan coklit, mereka akan memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih yang sudah terverifikasi dalam bentuk penempelan stiker.


Setelah melakukan coklit, para Pantarlih ini menyampaikan hasil pencocokan dan penelitian kepada PPS," tambah Saepul".
Jumlah Pantarlih yang dilantik, yaitu 30 orang, disesuaikan dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Desa Lembar Selatan untuk Pilkada serentak 2024 dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati. Setiap TPS diperkirakan akan melayani sekitar 500-570 pemilih, sehingga diperlukan satu atau dua Pantarlih per TPS untuk melakukan coklit data penduduk.
"Saat ini kami sudah melakukan pemetaan jumlah TPS di Desa Lembar Selatan untuk Pilkada itu sebanyak 15 TPS jelas, "Saepul.
Dengan pelantikan ini, PPS Lembar Selatan berharap dapat memastikan bahwa daftar pemilih untuk Pilkada serentak 2024 akan akurat dan lengkap, sehingga proses pemilihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi NTB serta Bupati dan wakil Bupati kabupaten Lombok Barat  dapat berjalan lancar dan sukses," tutupnya.