7 DARI 8 ORANG MENGIKUTI SELEKSI PERANGKAT DESA

  • Jul 05, 2023
  • Admin Desa Lembar Selatan

Pemerintah Desa Lembar Selatan tengah melakukan proses seleksi perangkat desa untuk formasi jabatan Kepala Seksi (kasi) Pelayanan," Rabu (05/07/23).Kegiatan ini di laksanakan berhubung salah satu perangkat Desa ada yang purna tugas karena usia telah memasuki 60 Tahun, tahapan seleksi pengangkatan Perangkat Desa unsur Kasi Pelayanan di Desa Lembar Selatan sebelumnya sudah melakukan beberapa rangkaian kegiatan mulai dari rapat pemantapan Pansel, penyusunan jadwal kegiatan, koordinasi Tim Pansel dengan Tim Fasilitasi Kecamatan, Rapat Panitia dalam rangka persiapan Sosialisasi pendaftaran  dan Sosialisasi Seleksi, Pembukaan dan penutupan Pendaftaran Bakal Calon, Verifikasi Berkas kelengkapan syarat pendaftar Bakal Calon, sampai pada tahap Persiapan Tes Tulis.

TGH.Khairil Azmi, S.Pdi selaku Ketua Pansel dengan penuh harapan membuka kegiatan tersebut",(red_seleksi) dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim tes kami nyatakan di mulai,"ucapnya. Seleksi di mulai dengan pelaksanaan Tes praktik (komputer) di lanjutkan dengan ujian tertulis, panitia menerapkan hal ini untuk menjaring dan  mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, memiliki kemampuan menjalankan pemerintahan Desa 

7 dari 8 peserta/calon Perangkat Desa yang hadir mengikuti seleksi tes di ruang sekretariat adalah 1. Bunga Ambarwati, 2. Wijaya Asmayadi, 3. Rudywan Hadi, 4. Muhammad Galuh Rizki Pratama, 5. Widya Oktora, 6. Zaenal, 7. Nursah Basri, sementara satu orang atas nama Zumiatun Septi Andayani tidak hadir saat tes berlangsung secara otomatis panitia menyatakan gugur. Tahapan ini merupakan langkah awal yang di lakukan tim Pansel untuk menentukan siapa bakal calon  yang menduduki rangking tertinggi 1 dan 2  dalam ujian tertulis dan tes praktik (Komputer), dan di nyatakan berhak untuk lolos melanjutkan ke tahap berikutnya "UJI KELAYAKAN DAN KEPATUTAN (wawancara)" pada hari Jumat 07 Juli 2023 mendatang.

Sementara Asrok (Sekdes) yang juga sebagai panitia menjelaskan tes seleksi yang kami lakukan dilaksanakan dengan akuntabel untuk menghasilkan perangkat desa yang layak dan siap menjalankan tata kelola desa yang baik. Harapannya kompetensi SDM yang unggul di desa akan membawa kemajuan dan percepatan pembangunan desa, khususnya di Desa Lembar Selatan ” terangnya. 

Ujian tertulis merupakan salah satu tahap penting bagi semua peserta calon untuk bisa lolos ke tahap selanjutnya,'"tegas Asrok". Tes tulis ini dirancang untuk menguji pemahaman calon perangkat desa terkait tugas-tugas yang akan diemban serta pengetahuan umum yang berkaitan dengan pemerintahan desa. Materi yang diujikan  mencakup bidang administrasi, keuangan desa, hukum desa, Agama, Matematika, sosial dan budaya.

Dalam upaya menjaga transparansi dan akuntabilitas, panitia seleksi mengumumkan hasil seleksi secara langsung dan terbuka setelah ujian tes (Komputer, dan Tulis) dilaksanakan, sehingga semua pihak dapat memantau dan menilai proses seleksi ini. Para peserta calon juga diberikan kesempatan untuk melihat langsung proses pemeriksaan hasil ujian tes tulis.

7 dari 8 orang yang mengikuti tes,  2 orang di nyatakan lolos ketahap selanjutnya karena menduduki rangking tertinggi dengan akumulasi nilai 181 di perolehan saudara Zaenal dari Dusun Lembar Barat dan Bunga Ambarwati dari Dusun Serumbung dengan perolehan nilai 179 selanjutnya, akan kembali mengikuti seleksi tes Kelayakan dan Kepatutan (wawancara) yang di gelar jumat 07 juli 2023 mendatang. Di tahap inilah akan menetukan siapa yang paling layak untuk di tetapkan dan di lantik mengisi formasi Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan.