Diskominfotik Lobar Gelar Sosialisasi PPID Desa, Smart City, dan Transformasi Digital

  • Jul 31, 2023
  • Admin Desa Lembar Selatan
  • Beritan Umum

Lombok Barat NTB, KIM Lembar Selatan - Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Lobar menggelar Gebyar Komunikasi Gerbang Sasak. Kegiatan ini merupakan kolaborasi Diskominfotik Lobar bersama Karang Taruna Gerbang Sasak Kecamatan Lembar. Dalam Gebyar Komunikasi ini Diskominfotik Lobar melaksanakan sosialisasi dan pelatihan tentang  Transformasi  Digital, Smart City dan PPID Desa serta Kemitraan Komunitas Informasi Masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Lembar Kecamatan Lembar, Sabtu (29/7/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Lobar Ahad Legiarto M.Eng, Kabid IKP Arief Rachman, M.Sos Kabid Aptika Sumirah, M.Eng, Kepala Desa Lembar Sainah, Ketua Karang Taruna Gerbang Sasan Fauzan, M.Hum, Sekretaris Sarbumusi Agus Putrawan, M.Si, Komunitas Informasi Masyarakat dan Karang Taruna Se Kecamatan Lembar

Kepala desa Lembar Sainah menyampaikan bahwa ia sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan ini. Hal ini karena dapat menunjang dan mempercepat transformasi digital di desa. Hal ini juga dapat mengenalkan kawasan wisata yang ada di desa lembar. "Melalui transformasi digital dan PPID ini potensi potensi desa dapat kita publikasikan agar desa lembar lebih maju terutama di bidang pariwisata, serta masyarakat atau pemuda lembar bisa memanfaatkan platform digital yang semakin canggih" ujarnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi, informatika dan statistik kabupaten Lombok Barat Ahad Legiarto, M.Eng menyampaikan rasa bangga akan semangat dari para pemuda se Kecamatan Lembar dalam memajukan desa dan kawasan wisata yang ada di desa Lembar. 

Lebih lanjut Ahad Legiarto menyampaikan agar desa Lembar dapat terus membangun kemitraan melalui kerja sama dengan Dinas terkait sebagai mitra strategis untuk diseminasi informasi program dan kebijakan pemerintah. Hal ini juga untuk mempercepat pengembangan kawasan wisata yang dimiliki oleh Desa Lembar. "Tentu melalui kegiatan kegiatan dengan pemuda akan mempercepat proses transformasi digital di desa dan ini akan menjadikan desa semakin maju dan berkembang" ujarnya. 

Di era yang semakin maju, sebut ahad, penerapan teknologi informasi dan komunikasi, suatu kebutuhan yang sangat mendasar dalam aktivitas sehari-hari. Hal ini akan memudahkan proses pelayanan kepada masyarakat. Selain itu hal itu juga akan mendukung keterbukaan informasi publik sesuai amanat undang undang. "Sehingga diharapkan sosialisasi digitalisasi  bisa lebih hebat dan bisa bermanfaat bagi masyarakat," tandasnya.

Kegiatan Gebyar Komunikasi Gerbang Sasak ini merupakan kolaborasi antara Karang Taruna Gerbang Sasak Kecamatan Lembar bersama Diskominfotik Lombok Barat dan Pihak Desa. Kegiatan ini digelar untuk mempercepat proses transformasi digital dan memperkuat keterbukaan informasi publik di desa desa di wilayah Lombok Barat. Kegiatan Gebyar Komunikasi Gerbang Sasak ini akan dilaksanakan selama dua hari yaitu Sabtu dan Minggu 29 hingga 30 Juli 2023. Dihari pertama digelar Pelatihan dan dihari kedua digelar even budaya dengan tema sejelo bekesenian. Dalam kegiatan tersebut juga akan dilakukan sosialisasi Gempur Rokok ilegal bekerjasama dengan Bea Cukai Mataram.