POSYANDU DUSUN PADAK BERFOKUS PADA KESEHATAN BALITA

  • Oct 04, 2023
  • Admin Desa Lembar Selatan
  • Berita Desa, Kesehatan

BEBERAPA BALITA MENGALAMI PENAIKAN DAN PENURUNAN BERAT BADAN

Selasa, 03 Oktober 2023 tepat pada pukul 08.00 WITA, Dusun Padak Desa Lembar Selatan kembali melakukan kegiatan posyandu seperti biasa. Dalam posyandu ini terdapat beberapa tenaga kesehatan puskesmas yang datang, beberapa kader beserta bidan.

Adapun posyandu kali ini terhitung dari jumlah 83 bayi dan balita, ibu hamil berjumlah 3 orang dan 53 lansia . Dalam posyandu ini ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan yaitu: Registrasi, pengecekan berat dan tinggi badan balita, imunisasi untuk bayi 0-6 bulan, pengecekan ibu hamil dan cek kesehatan (cek gula darah) bagi lansia. 

Dalam kegiatan posyandu ini berfokus kepada penimbangan berat dan tinggi badan pada balita, kegiatan ini bertujuan guna mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. 

Kegiatan posyandu di Dusun Padak Desa Lembar Selatan ini bertempat di Rumah  Kepala Dusun Padak yaitu bapak Junaidi, yang dimana lokasi tersebut adalah lokasi yang sering sekali digunakan selama posyandu berlangsung. 

Dalam wawancara kami dengan Ibu Rohani selaku Ketua Kader Posyandu, perkembangan bayi dan balita saat ini cukup bagus dan menyebutkan bahwa balita disini tidak ada yang mengalami stunting. Dalam penjelasannya, ibu Rohani memaparkan juga, bahwa ada beberapa balita yang mengalami naik turunnya berat badan, namun mereka tetap memberikan edukasi dan gizi yang sepadan agar tidak terjadi stunting.

(Lembar selatan/FDIK UINMA/HANA&DIMA)
*Kim Lembarselatan