WISATA RELIGI MAQOM KERAMAT

  • Apr 05, 2022
  • Admin Desa Lembar Selatan
  • Wisata, Info

MAQOM KERAMAT diketahui sejak satu abad lalu, maqom ini temukan seperti maqom pada umumnya. Maqom ini sendiri ditemukan oleh tokoh agama setempat. Maqom ini konon menjadi maqom seorang wali bernama Syeh Sayit Alwi Al-Bagdadi, ulama dari Irak. Konon, almarhum masuk menyebarkan agama islam ke kawasan pulau Lombok.  

Awalnya maqom ini berada di daratan, namun karena hempasan air laut menyebabkan makam ini sedikit demi sedikit tergerus dan tenggelam. Seiring waktu, maqom ini tergerus air laut. Sehingga wargapun membangun petanda menggunakan kayu. Karena kayu itu juga tergerus air laut, akhirnya sekitar tahun 1983 silam warga membangun petanda menggunakan bangunan beton bercat putih. “Saat air surut pengunjung bisa jalan ke maqom, tapi saat air pasang (seperti saat dikunjungi) harus menggunakan perahu 

Maqom ini sendiri dipercayai keramat oleh sebagian besar pengunjung yang kesana. “Makanya dinamakan maqom keramat, karena dikeramatkan., Kekeramatan makam ini jelasnya telah banyak terbukti sehingga pengunjung selalu datang ke sana. Sejumlah bukti, pengunjung yang tidak bisa punya anak lalu brerdoa kepada Allah melalui maqom itu, sesuai niat dan nazar lalu doanya dikabulkan . Selain itu, banyak pengunjung yang berdoa ingin sukses juga tercapai cita-citanya.

Menuerut juru kunci pertama Maqom Keramat LALU DARSAH (alm) ia menekankan, pengunjung bukan meminta kepada maqom ini namun kepada Allah. juru kunci ini diteruskan oleh anak bungsunya LALU HADI sebagai pewaris  juru kunci ke dua menggantikan almarhum Mamiqnya (Ayah) 

Untuk menuju maqom ini dapat ditmepuh melalui beberapa jalur, bisa melalui Sekotong ke Maqom keramat menggunakan perahu. Jalur lainnya, dari Lembar menyeberang menggunakan sampan (perahu), jalur darat melalui Dusun pesanggaran dan Dusun Cemara ke Maqom menggunakan kendaraan atau jalan kaki melewati Jembatan cinta Cemara.